MENINGKATKAN LITERASI FINANCIAL PADA SISWA/I GEN Z JURUSAN AKUNTANIS & PERBANKAN SMK PEMBANGUNAN TERNATE
DOI:
https://doi.org/10.61991/inovasisosial.v2i2.83Keywords:
Literasi, Keuangan/financial, siswa/I, Gen Z.Abstract
Literasi finansial/keuangan merupakan sesuatu yang sangat penting khususnya pada era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Literasi finansial menjadi tema diskursus dalam berbagai forum ilmiah di berbagai negara termasuk Indonesia. Bahkan menjadi salah satu komponen dasar literasi yang harus dipahami dan dimengerti setiap orang di luar literasi baca-tulis, numerasi, sains, digital, dan budaya & kewargaan. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah metode Sosialisasi partisipatif. keikutsertaan, peran serta atau keterlibatan yang berkitan dengan keadaaan lahiriahnya Pengertian prinsip partisipasi adalah masyarakat berperan secara aktif dalam proses atau alur tahapan program dan pengawasannya, mulai dari tahap sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan, dan pelestarian kegiatan dengan memberikan sumbangan tenaga, pikiran, atau dalam bentuk materil. Dari analisis situasi dan permasalahan yang dihadapi siswa/i Gen Z pada SMK Pembangunan Ternate, maka dapat dinyatakan pemilihan Pengenalan Literasi Keuangan yang ditetapkan untuk menyelesaikan dan mencari solusi untuk permaalahan Mitra untuk kegiatan.Target capaian yang dirumuskan oleh Tim PKM adalah (1) Program PKM ini mampu memberikan pemahaman yang mendalam tentang Literasi Financial. Sementara untuk luaran dari program PKM antara lain yaitu: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Pegamas Unkhair), Video Dokumentasi kegiatan (Youtube), serta Kegiatan ini juga akan di publikasikan pada media cetak maupun media online (MalutPost).
Downloads
References
Aleksandrova, A., & Ismailov, T. (2021). IMPROVING FINANCIAL LITERACY AS A PREREQUISITE FOR INCREASING FISCAL CAPACITY: THE BULGARIAN CASE. https://doi.org/10.47696/adved.202126
Altman, M. (2020). Why financial literacy matters for socio-economic wellbeing (pp. 211–243). https://doi.org/10.1016/B978-0-12-811461-2.00009-2
Baranyi, A., Csernák, J., & Csiszarik-Kocsir, A. (2022). METHODS FOR DEVELOPING FINANCIAL LITERACY. On-Line Journal Modelling the New Europe, 174–195. https://doi.org/10.24193/OJMNE.2022.39.08
Carpena, F., Cole, S., Shapiro, J., & Zia, B. (2011). Unpacking the Causal Chain of Financial Literacy.
Drotárová, J., Misiuk, A., & Gedeonová, Z. (2021). Improving financial literacy of a selected group in favour of eliminating crime. VUZF Review, 6(3), 20–29. https://doi.org/10.38188/2534-9228.21.3.03
Hubbard, E., Matthews, P., & Samek, A. (2016). Using online compound interest tools to improve financial literacy. The Journal of Economic Education, 47(2), 106–120. https://doi.org/10.1080/00220485.2016.1146097
Kefela, G. (n.d.). Implications of financial literacy in developing countries. Afr. J. Bus. Manage.
Mandell, L., & Klein, L. S. (2009). The Impact of Financial Literacy Education on Subsequent Financial Behavior. 20(1).
Murugiah, L. (2016). The Level of Understanding and Strategies to Enhance Financial Literacy among Malaysian. 6.
Worthington, A. C. (n.d.). Financial literacy and financial literacy programs in Australia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chairullah Amin, Irfan Zam Zam, Yetty, Abi Suar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.